Rabu, 22 April 2020

MAKALAH IAD ISD IBD

IAD ISD IBD

Penyusun:
Abd. Haqih                : B04219001

Dosen Pengampu  :
Baiti Rahmawati, M.Sos

PRODI MANAJEMEN DAKWAH
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
TAHUN AJARAN 2020

KATA PENGANTAR

      Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya. Tak lupa pula kami kirimkan shalawat serta salam kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW. Beserta keluarganya
      Makalah  ini berisikan tentang informasi Pendekatan-pendekatan dalam IAD, ISD, dan IBD. Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua. Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
        Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.
    Surabaya, Februari 2020

Penulis

1.      Pengertian, Tujuan dan Urgensi IAD
A.    Pengertian IAD
Pembahasan ilmu alamiah dasar pada dasarnya adalah ilmu pengetahuan alam atau dalam Bahasa inggris  sience atau natural sience sedangkan dalam Bahasa ARAB berasal dari kata ‘alima , ya’lamu, ‘ilman. Yang berate mengerti, memahami benar benar. Sehingga ilmu alamiah dasar adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji gejala dalam alam semesta seluruhnya sehingga terbentuk konsep dan prinsip.
·                  Ilmu alamiah dasar merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan teknologi
·                  Ilmu Alamiah Dasar, Memusatkan perhatian dan konsep umum, asas-asas dan pendekatan dalam menanggapi kanyataan-kenyataan yang diwujudkan oleh lingkungan alam, dengan memanfaatkan pengetahuan keahlian dalam ilmu-ilmu alamiah seperti astronomi, biologi, kimia, fisika dan geologi.
·                  IAD merumuskan pemikiran yang selalu dilandasi oleh realisme, karena ilmu sains ini mempelajari tentang metode alamiah dan gejala alamiah sehingga tidak dapat terlepas dari objek yang mengaitkan panca indra.
·                  Ilmu Alamiah atau sering disebut Ilmu Pengetahuan Alam dan akhir-akhir ini ada juga yang menyebut Ilmu Kealaman, yang dalam Bahasa Inggris disebut Natural Science atau disingkat Science dan dalam bahasa Indonesia sudah lazim digunakan istilah Sains.
·                  Ilmu Pengetahuan Alam Dasar adalah Ilmu Pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam Alam semesta, termasuk dimuka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar (Basic Natural Science) hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja.
·                  Ilmu alamiah sebagai hasil perkembangan pola pikir manusia yang terakumulasi dari hasil pengamatan dan pengalaman telah mendorong manusia untuk melahirkan pendekatan kebenaran yang hanya mengandalkan kemampuan rasio belaka, doroangan tersebut setidaknya terdiri dari dua sisi yakni, dorongan pertama adalah dorongan untuk memuaskan diri sendiri yang sifatnya non praktis atau teritis guna memenuhi kuriositas dan memahami tentang hakikat alam semesta dan seisinya, yang selanjutnya melahirkan pure scince (Ilmu pengetahuan murni). Sementara dorongan yang kedua adalah dorongan yang bersifat praktis dimana ilmu pengetahuan dimanfaatkan untuk meningkatkan terap hidup yang lebih tinggi dan selanjutnya  disebut dengan Applied science (ilmu pengetahuan terapan atau teknologi)
·                  Selain itu, diharapkan mampu mengembangkan kepribadiannya agar peka dan cepat tanggap serta mau mengambil tindakan yang tepat, dan bertanggung jawab terhadap masalah perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam.

B.     Tujuan Ilmu Alamiah Dasar
1.      Mampu memahami dan menjelaskan ruang lingkup pembahasan IAD
2.      Mempekenalkan konsep-konsep dasar dalam IPA.
3.      Memberikan wawasan pengetahuan, pengertian dan apresiasi terhadap obyek dan cara-cara pendekatan dalam IPA dan teknologi.
4.      Memberikan bekal untuk memanfaatkan bahan dan cara pemikiran, pendekatan dan hasil-hasil dalam IPA dan teknologi.
5.      Mampu memiliki cakrawala pandang yang lebih luas dalam bidang IAD
6.      Mampu memahami persoalan ilmu alamiyah dengan penalaran yang lebih komprehensif
7.      Mampu memahami dan menjelaskan berbagai fenomena alam dalam tujuan sains dan Al-Quran
8.      Mampu mengembangkan kepribadian sehingga muncul kepekaan, cepat tanggap, dan dapt mengambil tindakan yang tepat, dan bertanggung jawab terhadap berbagai masalah perkembangan Ilmu Alamiah Dasar.
9.      Memiliki cara pandang yang untuh dalam hukungan Al-Kholiq dengan makhluknya
10.  Memperkenalkan konsep-konsep dasar dalam ilmu pengetahuan alam dasar
11.  Memberikan wawasan pengetahuan, pengertian, dan apresiasi terhadap objek dan cara pemikiranserta cara pendekatan IPA dan teknologi.
12.  Mengembangkan interaksi yang selaras dan disiplin ilmu eksakta dan non eksakta.
13.  Mengajari manusia untuk bertindak bijaksana.
14.  Mengajarkan manusia untuk belajar menanggulangi kerusakan lingkungan akibar tindakan manusia. Ilmu alamiah dasar mengajari manusia untuk bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukannya.
15.  Mengajari bagaimana ilmu alamiah dasar sangat berperan bagi umat manusia. Dengan ilmu alamiah dasar kita mampu mengembangkan pikiran, menjawab segala pertanyaan yang timbul dari manusia, sekaligus ilmu alamiah dasar juga mampu memberikan kenyamanan dan juga kesenangan dengan lingkungannya. Dengan itulah manusia menggunakan ilmu alamiah dasar.

C.    Ilmu Pengetahuan Prespektif Islam
Perintah membaca didalam Al-Quran yang merupakan ayat pertama yang turun merupakan pintu awal mencari dan membahas ilmu pengetahuan
 Al-Quran mengajak dan mengajarkan kepada seluruh manusia untuk senntiasa berfikir, menggunakan akal sesuai dengan fungsinya agar mendapatkan pengetahuan yang benar. Selain itu dalam Islam juga memerintahkan untuk mengajarkan ilmu mpengetahuan yang di dapat
Terdapat banyak ayat dalam Al-Quran yang merupakan sumber ilmu pengetahua, diamana belakangan manusia baru menemukan kesesuaian dengan faktanya hal ini jelas menunjukan Al-Quran sebagai wahyu Dari Allah, karena disaat manusia belum ada yang mengungkapkan ternyata Al-Quran sejak 13 abad yang lalu telah mengungkapkannya.
Beberapa ayat berikut menentukan hal tersebut:
Qs. An-Naba‘ : 7
                              وَالْجِبَالَ أَوْتَادا
                        “Dan gunung-gunung sebagai pasak“
Dari ayat ini belakangan kemudian diketahui bahwa keberadaan gunung-gunung ternyata memiliki fungsi sebagai pengokoh atau pasak dari kondisi permukaan bumi yang berlapis-lapis itu (lapisan kulit bumi terdiri dari lempengan-lempengan yang senantiasa bergerak).
      Fenomena yang ditemukan dilaut yang ditemukan bahwa terdapat air tawar dan asin yang tidak dapat menyatu ternyata sudah dalam Al-Quran ribuan tahun yang lalu. Dan ayat didalam:
Surat Adz Dzahriyat ayat 47
وَالسَّمَاءَ بَنَيْنَاهَا بِأَيْدٍ وَإِنَّا لَمُوسِعُونَ      

“Langit kami bangun dengan kekuasaan (kami) dan sesungguhnya kami benar-benar meluaskannya“.
      Ketika kita bandingkan penjelasan ayat tersebut dengan berbagai penemuan ilmiyah, akan kita pahami bahwa keduanya benar-benar berkesesuaian satu sama lain. Yang sungguh menarik lagi, penemuan-penemuan ini belumlah terjadi ebelum abad ke 20.

D.    Peranan Ilmu Alamiah Dasar Dalam Berkehidupan Masyarakat
Terbentuknya Ilmu alamiah pasti nya memiliki tujuan dan manfaat tersendiri untuk kita pelajari,Dengan menggunakan teknologi yang semakin canggih. Untuk mendukung pembelajaran ilmu alamiah.teknologi sangat berperan penting dalam hal ini untuk mempermudah pembelajaran.
Ilmu alamiah juga memiliki hubungan yang erat dengan Teknologi dalam peranannya.Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat pada era globalisasi, telah menyebabkan ketergantungan terhadap fungsi dan peran pengetahuan semakin tinggi.teknologi yang telah mempengaruhi kehidupan masyarakat dunia dan menimbulkan perubahan yang sangat mendasar dalam tatanan hubungan antar bangsa ini yang lebih banyak dikendalikan oleh negara-negara maju, serta hubungan kerja sama yang terus meningkat terasa kurang seimbang.
Tentunya semua disiplin ilmu itu memiliki peran dalam kehidupan manusia. Yang mana peran ini dapat bersifat baik dan dapat bersifat buruk, sedangkan peran ilmu alamiah dasar dalam kehidupan manusia sampai saat ini antara lain:
1.      Suatu ilmu yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.
2.      Suatu ilmu yang dapat menaikkan kualitas mutu produksi
3.      Meningkatkan pengetahuan tentang ilmu yang berkaitan dengan alam.
4.      Meningkatkan sistem transportasi dan komunikasi
5.      Memberikan kontribusi tentang ilmu kesehatan
6.      Dapat meningkat kualitas SDM
7.      Dapat membuka lapangan pekerjaan baru.
8.      Dapat meningkatkan keborosan dan menimbulkan pencemaran lingkungan.

Dampak Ilmu Alamiah Dasar dan Teknologi
Dampak atau efek dari Ilmu Alamiah dan teknologi yang telah dikembangkan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan sehingga lebih mudah dan menyenangkan, dapat bersifat negatif.
1)    Dampak sehubungan dengan kebutuhan pokok :
a)    Sandang
b)    Papan
c)    Pangan

E.     Ruang Lingkup Materi Ilmu Alamiah Dasar
Ilmu Budaya Dasar (IBD) identik dengan basic humanities. Humanities berasal dari kata latin humanus yang artinya manusiawi, berbudaya, dan halus (refined). Dengan mempelajari Ilmu Budaya Dasar ini diharapkan seseorang menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya, dan lebih halus.
Adapun ruanglingkup Ilmu Budaya Dasar adalah:
a.       Berbagai aspek kehidupan yang mengungkapkan masalah-masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi keahlian. (disiplin) didalam pengertian budaya, maupun gabungan berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
b.      Hakikat manusia yang satu atau universal, tetapi beragam perwujudannya dalam kebudayaan setiap zaman dan tempat. Dalam menghadapi lingkungan alam, social, dan budaya, manusia tidak hanya mewujudkan kesamaan-kesamaan, tetapi juga ketidak seragaman, sebagaimana ekspresinya dalam berbagai bentuk dan corak ungkapan, pikiran, perasaan, dan tingkah laku.
Macam-macam perkembangan :
1.      Proses perkembangan polah pikir manusia, antara lain:
a.       Alam semesta
b.      Rasa ingin tahu
c.       Mitos
d.      Mitos pro dan kontra
e.       Lahirnya IPA Modern
f.       Sikap ilmiah, metode ilmiah dan langkah-langkah operasional metode ilmiah
g.      Konsep-konsep dasar tentang Ilmu Pengetahuan Alam dan Perkembangan Teknologi
h.      Dampak perkembangan IPA dan Teknologi.
2.      Proses terbentuknya alam semesta dan penghuninya
a.       Alam semesta
a)      Teori ledakan 
Teori ledakan ini bertolak dan adanya suatu massa dan berat jenis yang sangat besar, meledak dengan hebat karena adanya reaksi ini. Massa itu kemudian berserakan mengembang dengan sangat cepatnya menjauhi pusat ledakan.
b)      Teori ekspansi dan kontraksi teori
Teori ini berlandaskan pikiran bahwa ada suatu siklus dan alam semesta, yaitu “masa ekspansi” dan “masa kontraksi” diduga bahwa siklus ini berlangsung dalam waktu 30.000 juta tahun.
b.      Terjadinya galaxy
c.       Terjadinya bumi dan sistem tata surya
Surya adalah kata lain dari matahari. Tata surya berarti adanya suatu organisasi yang teratur pada matahari. Terbentuknya tata surya:
1)      Hipotesis Nebular
2)      Hipotersis Planettesimal
3)      Teori Tidal
Teori tentang kejadian bumi:
1)       Teori Kant Laplace
Dialam raya sudah ada alam yang telah berputar makin lama makin mendingin. Perputaran ini mengakibatkan pendataran dibagian kutub-kutubnya dan menimbun materi dibagian khatulistiwanya yang merupakan daerah paling tidak stabil sewaktu perputaran semakin cepat, bagian tersebut akan terlepas materi dan massa asal. Kemudian mengambil kondensasi akhirnya, menjadi padat berputar mengelilingi massa asal. Maka asal tersebut menjadi matahari dan bagian terlepas setelah padat manjadi planet. 
2)      Teori Chamberlain dan Maulton .Mereka mengemukakan suatu teori tentang matahari dan bumi, teorinya terkenal dengan teori plenetesimal.
3)      Teori Jean dan Jefreys
Bintang besar yang jauh lebih besar dari matahari memiliki gaya tarik yang sangat kuat terhadap matahari, akibatnya akan terjadi gelombang pasang pada permukaan matahari yang menyerupai gunung yang sanat tinggi dan menyerupai lidah raksasa yang berupa gas sangat panas selanjutnya mengalami pemadatan kemudian pecah menjadi benda-benda tersendiri yang disebut planet.

d.      Asal usul kehidupan
1)      Generation Spontaniea
2)      Cozmozoa
3)      Omne Vivum ex Vivo
4)      Omne Ovo ex Vivo 

3.      Perkembangan ilmu biologi, fisika, dan kimia menurut ilmu pengetahuan barat dan modern
a.       Biologi ditinjau dari pengetahuan barat dan islam
b.      Fisika ditinjau dari pengetahuan barat dan islam
c.       Kimia ditinjau dari pengetahuan barat dan islam
4.      Peranan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan manusia
a.       Dampak terhadap kebutuhan pokok manusia.
b.      Dampak terhadap pendayagunaan sumber daya alam dan sumber daya manusia
c.       Dampak terhadap komunikasi dan trasportasi
d.      Dampak terhadap peningkatan kesehatan
e.       Dampak terhadap pencapaian kemakmuran
5.      Ruang Lingkup Materi Ilmu Alamiah Dasar (menurut buku IAD,ISD,IBD karya Drs. Mawardi- Ir.Nur Hidayati)
a.       Proses perkembangan pola pikir manusia.
b.      Proses terbentuknya alam semesta dan penghuninya.
c.      Perkembangan ilmu biologi, fisika, dan kimia menurut ilmu pengetahuan barat dan Al-Quran.
d.        Teori revolusi dan rekayasa reproduksi menurut ilmu pengetahuan barat dan islam.
e.        Teknologi barat dan masalah lingkungan hidup serta upaya penanggulangannya.
f.      Rahasia kemajuan barat dalam bidang sains dan teknologi.
Urgensi IAD (Ilmu Alam Dasar) Bagi Mahasiswa
Ilmu Alam Dasar merupakan Ilmu yang mengkaji tenang gejala-gejala alam disekitar. Dengan mengetahui gejala-gejala alam yang ada disekitar maka pertanyaan “mengapa hal itu dapat terjadi?” akan terjawab dengan adanya pengkajian dari ilmu ini. Disamping itu, rasa kuriositas dari manusia yang tidak pernah mengalami kepuasan akan terpenuhi meskipun hanya sementara saja atau walaupun hanya sebuah hipotesa.

Bagi Mahasiswa sendiri Ilmu Alam Dasar ini sangat urgen sekali mahasiswa yang dituntut untuk memiliki sifat yang kritis diharap mampu menjawab pertanyaan “mengapa hal itu dapar terjadi?”. Ilmu ini juga sangat penting bagi mahasiswa guna mengejar dinamika perkembangan Ilmu Alam agar Mahasiswa tidak menjadi miss tomorrow. Mahasiswa juga dituntut untuk berfikir rasional dengan mempelajari ilmu ini diharap mereka mengatahui gejala-gejala alam berserta tanda-tandanya. Ilmu ini menjadi sangat urgen karena memberikan bekal kepada Mahasiswa untuk mengejar ilmu alam dan teknologi yang semakin berkembang pesat dalam kencah internasional 

F.      Pentingnya pempelajari Ilmu Alamiah Dasar
Diantaranya adalah agar kita menyadari bahwa Allah sebagai al-kholiq yang menurunkan wahyu merupakan sumber dan dasar lahirnya ilmu pengetahuan ilmiah, agar kita mengetahui proses perubahan pengetahuan menjadi ilmu pengetahuan ilmiah


2.      Pengertian, Tujuan, dan Urgensi Ilmu Sosial Dasar.
A.    Pengertian Ilmu Sosial Dasar.
Secara sedehana, pengertian ilmu social dasar adalah gabungan dari disiplin ilmu sosial yang digunakan dalam pendekatan dan pemecahan masalah sosial yang ada dilingkungan sekitar kita. Ilmu Sosial Dasar memberikan dasar-dasar mengetahuan tentang konsep mengkaji gejala sosial. Namun, dalam kajian yang lebih dalam, ilmu sosial dasar adalah ilmu pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial yang timbul dan berkembang, khusunya yang diwujudkan oleh warga Indonsesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep,teori).
Ilmu Sosial Dasar tentunya berbeda dengan ilmu pengetahuan sosial. Ilmu Pengethuan Sosial lebih cenderung mempelajari tentang unsur-unsur atau nilai-nilai dari berinteraksi sosial, nilai kehidupan kita dalam melakukan sesuatu kegiatan, berfikir menjadi orang yang memiliki rasa nilai tenggang rasaan sesama manusia.
Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah social, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang ilmu pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social (seperti geografi social, sosiologi, antropologi social, ilmu politik, ekonomi, psikologi social, dan sejarah).
Sekalipun materi Ilmu Alamiah Dasar ini sudah didapatkan pada jenjang pendidikan dasar menengah dan lanjutan atas, namun materi ini menjadi penting untuk disampaikan kembali namun tentu saja dengan penekanan yang berbeda.
Fenomena yang terjadi dengan adanya ruang lingkup yang terbatas pada jurusan di perguruan tinggi, membuat mahasiswa lebih fokus untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan studinya saja. Sementara untuk informasi atau pengetahuan yang tidak berkaitan dengan bidang studynya cenderung diabaikan atau seolah tidak mau tahu.
Selain itu Ilmu Dasar ini akan menjadi sumber nilai dan pedoman guna memantabkan kepribadian, kepekaan lingkungan dan sosial, kemampuan hidup bermasyarakat, pengetahuan tentang pelestarian, pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan hidup, dan mempunyai wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dengan mempelajari ilmu alamiah dasar (IAD) diharapkan pula menjadi sosok yang memiliki pengetahuan akal manusia dan alam semesta sehingga menyadari posisinya dihadapan Al-Khaliq serta dalam kaitannya dengan tanggung jawabnya sebagai Khalifah Fil Ardh sehingga dapat membelah bumi beserta isinya dengan sebaik-baiknya.

B.     Ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar
Tiga golongan bahan pembelajaran ISD anatara lain:
1.      Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat meliputi latar belakang disiplin ilmu atau pandangannya
2.      Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah yang dibahas dalam ilmu pengetahuan sosial.
3.      Adanya berbagai aspek pada kenyataan bersama yang merupakan suatu masalah sosial.
4.      Adanya beraneka ragam golongan dan kesatuan sosial dalam masyarakat yang mempunyai kepentingan dan kebutuhan serta pola-pola pemikiran dan tingkah laku tersendiri dan yang menyebabkan pertentangan maupun setia kawan dan kerjasama.
5.      Membahas masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
6.      Kenyatan-kenyataan yang bersama-sama merupakan masalah sosial, sehingga biasanya suatu masalah sosial bisa ditanggapi dengan pendekatan yang berbeda-beda oleh bidang-bidang pengetahuan keahlian yang berbeda-beda, sebagai pendekatan tersendiri, maupun gabungan. Adanya beraneka ragam golongan dan kesatuan sosial dalam masyarakat yang masing-masing mempunyai kebutuhan serta pola pikir dan tingkah laku yang berbeda-beda.
                    Urgensi ISD (Ilmu Sosial Dasar) Bagi Mahasiswa
                  Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah suatu program pelajaran baru yang dikembangkan di Perguruan Tinggi. Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial Dasar ini sejalan dengan realisasi pengembangan ide dan pembaharuan system pendidikan yang bersifat dinamis dan inovatif. Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu-ilmu social yang dipergunakan dalam pendekatan, sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah-masalah social yang berkembang dalam kehidupan masyarakat. 

Urgenitas ilmu ini sendiri bagi Mahasiswa adalah memberikan dasar-dasar ata pengetahuan social kepada para Mahasiswa, yang diharapkan akan cepat tanggap serta mampu menghadapi dan memberikan alternative pemecahan masalah-masalah dalam kehidupan masyarakat.

Berdasarkan pengetahuan yang didapat melalaui ISD, diharapkan para Mahasiswa akan mapu mengorientasikan diri berkat pengahayatannya terhadap arah perkembangan masyarakat. Setelah mengorientasikan diri secara mapan paling tidak ia harus mampu mengetahui kearah mana pemecahan itu harus ditempuh. Masalah-masalah social yang berkembang sedemikian kompleks, baik yang bersifat local, regional, nasional maupun internasional seperti pengangguran, urbanisasi, penyelundupan, dan kriminalitas. Kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkotika. Pertentangan ras dan pergolakan politik, merupakan masalah-masalah social yang harus dilihat serta ditanggulangi dengan segala aspek pengetahuan yang terjalin satu sama lain. 

           
C.     Tujuan Mempelajari Ilmu Sosial Dasar
1.      Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat,
2.      Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggapan untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
3.      Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya secara kritis dengan melalui pendekatan interdisipliner).
4.      Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya sehingga mereka akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama unyuk kepentingan profesi mereka.
Tujuan khusus:
1)      Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan social dan masalah-maslah social yang ada dalam masyarakat.
2)      Peka terhadap masalah-maslah social dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
3)      Menyadari bahwa setiap masalah social yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya).
4)      Memahami jalan pikiran para ahli dalalm bidang ilmu pengetahuan lalin dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalalm rangka penanggulangan maslah social yang timbul dalam masyarakat.

3.      Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan Pengertian, Tujuan, dan Urgensi ISD
A.    Pengertian Ilmu Sosial Dasar
        Ilmu sosial dasar merupakan salah satu mata kuliah softskill di Universitas Gunadarma. Yang dimana Mata kuliah ini menitik beratkan pada usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa. Pengertian ilmu sosial dasar itu sendiri adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang masalah-masalah sosial di dalam sebuah masyarakat yang di harapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mempelajari masalah manusia. Ilmu sosial dasar mencakup masalah-masalah sosial yang timbul didalam sebuah masyarakat. Untuk menelaah masalah-masalah sosial tersebut hendaknya terlebih dahulu dapat mengidentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tersebut. Sehingga ilmu sosial dasar dapat dibedakan atas tiga golongan beasar yaitu :
1.         Kenyataan-kenyataan sosial yang ada didalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
2.         Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas pada ilmu sosial.
3.         Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan satu sama lain.

      Ilmu Sosial yaitu ilmu yang mempelajari
1.      kehidupan masyarakat dan lingkungannya
2.      Memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
3.      Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial kemanusiaan
4.      Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk dan ditingkat lokal, nasional, dan global.

D.     Manfaat Ilmu Sosial Dasar
            Manusia merupakan makhluk sosial yang artinya selalu membutuhkan orang lain. Kita sebagai manusia yang hidup di dunia pastinya perlu bersosialisasi. Oleh karena itu ilmu sosial dasar sangat penting bagi kita mempelajari ilmu sosial dasar kita lebih menyadari dan memahami adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada di lingkungannya dan tanggap. Ilmu sosial dasar sangat penting bagi kita karena dengan kita mempelajari ilmu sosial dasar kita jadi lebih menyadari dan memahami adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial di dalam masyarakat, menjadi lebih peka terhadap masalah-masalah sosial yang ada di lingkungannya dan tanggap untuk ikut serta atau membantu dalam usaha-usaha menanggulanginya, jadi lebih menyadari bahwa setiap masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mempelajarinya, membantu masyarakat mengenal satu sama lain, saling berinteraksi, lebih memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain, membantu perkembangan wawasan penalaran kepribadian mahasiswa. Dan kita semakin memahami gejala gejala alam dan penyebabnya. Dengan demikian kita akan menjadi lebih bijak dalam memanfaatkan alam demi kehidupan yang lebih baik, tanpa harus merusak dan mengeksploitasi alam itu sendiri.
 Ilmu sosial dasar sekarang mulai banyak diberikan kepada pelajar terutama mahasiswa sebagai suatu bahan program pembelajaran atau mata kuliah softskill. Mata kuliah ini di berikan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mempelajari gejala-gejala sosial yang ada agar daya tanggap, presepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat berjalan baik. Ilmu sosial dasar adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang masalah-masalah sosial di dalam sebuah masyarakat yang di harapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mempelajari masalah manusia. Tujuan umum di adakannya mata kuliah ilmu sosial dasar adalah untuk pembentukan dan pengembangan kepribadian serta meningkatkan wawasan mahasiswa menjadi lebih luas. Manfaat dari mempelajari ilmu sosial dasar adalah mahasiswa jadi lebih menyadari dan memahami adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial di dalam masyarakat, menjadi lebih peka terhadap masalah-masalah sosial yang ada di lingkungannya dan tanggap untuk ikut serta atau membantu dalam usaha-usaha menanggulanginya, jadi lebih menyadari bahwa setiap masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mempelajarinya, membantu masyarakat mengenal satu sama lain, saling berinteraksi, lebih memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain, membantu perkembangan wawasan penalaran kepribadian mahasiswa.

5.      Pengertian, Tujuan, dan Urgensi Ilmu Budaya Dasar
A. Pengertian Ilmu Budaya Dasar
Budaya atau kebudayaan berasal dari Bahasa sansekerta yaitu buddhayah, merupakan jamak buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Kebudayaan dalam bahasa Inggris disebut cullture, yang berasal dari kata latin Colere yaitu mengolah atau mengerjakan. Kata cullture diterjamahkan sebagai kultur dalam bahasa indonesia. Kebudayaan selalu dimiliki olehsetiap masyarakat, hanya saja ada suatu masyarakat yang lebih baik perkembangan kebudayaannya dari masyarakat lainnya untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakatnya.
            Pengertian kebudayaan banyak sekali dikemukakan oleh para ahli. Salah satunya oleh Selo Soemardjan dan Solaiman Soemardi, yang merumuskan bahwa kebudayaan adalah hasil dari karya, rasa dan cipta masyarakat. Karya masyarakt menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan.hal ini diperlukan manusia untuk menguasai alam sekitarnya, agar kekuatan serta hasilnya dapat diabdikan untuk kepentingan masyarakat. Rasa yang meliputi jiwa manusia mewujudkan segala norma dan nilai maysarakat yang perlu untuk mengatur masalah-masalah kemasyarakatan dalam arti luas didalamnya termasuk agama,ideologi, kebatinan, kesenian, dan semua unsur hasil ekspresi dari jiwa manusia yang hidup sebagai anggota masyarat. Selanjutnya cipta merupakan kemampuan mental, kemampuan fikir dari orang yang hidup bermasyarakat untuk menghasilkan filsafat serta ilmu pengetahuan. Rasa dan cipta dinamakan kebudayaan rohaniah. Semua karya, rasa dan cipta dikuasai oleh karsa dari orang-orang yang menentukan kegunaannya, agar sesuai dengan kepentingan sebagian besar, bahkan seluruh masyarakat.
            Ilmu Budaya Dasar adalah suatu Ilmu yang mempelajari tentang dasar-dasar Kebudayaan, dan budaya memang merupakan salah satu jiwa dari nilai-nilai yang ada di masyarakat. Ilmu Budaya Dasar meliputi: bahasa, agama,kesusastraan, kesenian dan lain-lain.
B. Tujuan Ilmu Budaya Dasar
·         Ialah mengembangkan kepribadian manusia dengan cara memperluas wawasan berfikir, baik yang mencakup diri sendiri maupun orang lain dan alam sekitarnya, ilmu ini merupakan salah satu
·         membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yg lebih luas dan ciri- ciri kepribadian yg diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia- manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan secara timbal balik.
usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan  untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Untuk menjangkau tujuan tersebut IBD diharapkan dapat:
1.      Mengusahakan kepekaan terhadap lingkungan budaya
2.      Memberi kesempatan untuk memperluas pandangan tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta daya kritis
3.      Mengusahakan manusia sebagai calon pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing tidak jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahandan pengkotaan disiplin yang ketat.
4.      Mengusakan wahana komunikasi para akademisi agar lebih mampu berdialog satu sama lain.
5.      Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya sehingga mereka akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama unyuk kepentingan profesi mereka.
6.      Memberi kesempatan kepada para mahasiswa untuk dapat memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
7.      Mengusahakan agar para mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengotakan disiplin yang ketat. Usaha ini terjadi karena ruanglingkup pendidikan kita amat dan condong membuat spesialis yang berpandangan kurang luas. Mata kuliah ini berusaha menambah kemampuan mahasiswa untuk menanggapi maslah dan nilai-nilai umumnya.
8.      Menjebatani para akademisi kita agar mereka mampu berkomunikasi satu sama lain. Dengan memiliki satu bekal yang sama, para akademisi diharapkan akan lebih lancar dalam hal berkomunikasi. Kalau carea berkomunikasi ini baik, komunikasi selanjutnya akan lebih memperlancar pelaksanaan pembangunan dalam berbagai bidang keahlian. Meskipun spesialisasi sangat penting, spesialisasi yang terlalu sempit akan membuat dunia seorang sarjana menjadi terlalu sempit.
9.      Untuk pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungan, khususnya gejala-gejala yang berkenaan dengan kebudayaan dan kemanusiaan, agar daya tanggap, persepsi dan penalaran yang berkenaan dengan lingkungan budaya yang dapat diperluas dan menjadi lebih halus.
10.  Lebih peka dan terbuka terhadap masalah kemanusiaan dan budaya, serta lebih bertanggung jawab terhadap masalah-masalah tersebut.
11.  Menyadarkan mahasiswa terhadap nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat, hormat menghormati serta simpati pada nilai-nilai yang hidup pada masyarakat.
12.  Mengusahakan kepekaan terhadap nilai-nilai lain untuk lebih mudah menyesuaikan diri.

C.    Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
Berbagai aspek kehidupan yang mengungkapkan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya.
Hakikat manusia yang satu atau universal, tetapi beragam perwujudannya dalam kebudayaan setiap zaman dan tempat.
Berbagai aspek kehidupan yang merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan pengetahuan budaya, baik dari segi keahlian (disiplin) masing-masing maupun antar bidang disiplin. Hakekat manusia yang universal (satu) tetapi beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing zaman dan tempat dalam melihat dan menanggapi lingkungan dengan adanya kesamaan dan perbedaan yang diekspresikan dalam bentuk & corak ungkapan pikiran, perasaan, dan tingkah laku serta hasil kelakuannya.
Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya mengungkapkan masalah kemanusian dan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) di dalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya. Hakikat manusia yang satu atau universal, tetapi beragam perwujudannya, dalam kebudayaan masing-masing zaman dan tempat.
Urgensi IBD (Ilmu Budaya Dasar) Bagi Mahasiswa
Seperti yang kita ketahui manusia merupakan makhluk yang berbudaya. Sebenarnya kebudayaan didefinisikan sebagai hasil pengungkapan diri manusia kedalam materi sejauh diterima dan dimiliki oleh suatu masyarakat dan menjadi warisannya. Manusia harus menciptakan suatu kebudayaan, sebab tanpa kebudayaan ia makhluk yang tidak berdaya, yang menjadi korban dari keadaanya yang tidak lengkap dan naluri-nalurinya yang tidak terpadu. 

Ilmu Budaya Dasar memiliki urgenitas bagi Mahasiswa karena orientasi Mahsiswa adalah lingkungan yang berbudaya dari lingkungan yang berbudaya tersebut mereka harus lebih mudah untuk integrasi dalam lingkungan tersebut terutama dengan lingkungan yang baru, hal ini untuk profesi mereka.

Urgenitas yang sangat vital bagi Mahasiswa dalam mempelajari Ilmu ini adalah karena ilmu ini memberi pandangan yang luas terhadap masalah-masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka tehadap persoalan-persoalan yang menyangakut kedua hal tersebut. Juga mengusahakan agar para Mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan dan pengotakan disiplin yang ketat. Usaha ini terjadi karena ruanglingkup pendidikan kita amat sempit dan condong membuat manusia spesialis yang berpandangan kurang luas. Mata kuliah ini berusaha menambah kemampuan Mahasiswa untuk menanggapi masalah dan nilai-nilai dalam lingkungan masyarakat merek78u
6.      Kesimpulan
IAD
·         Ilmu Alamiah Dasar merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari dasar-dasar lahirnya ilmu pengetahuan ilmiah. Ilmu Pengetahuan Ilmiah di dalamnya terdapat metode yang digunakan dalam mempelajari, objek pembahasan, nilai, dan manfaat yang diperoleh serta sistematika pembahasan.
·         Pengertian Ilmu Alamiah Dasar adalah Ilmu Pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam Alam semesta, termasuk dimuka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar (Basic Natural Science) hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja
ISD
·         Pengertian Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang di wujudkan oleh masyarakat indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti: sejarah, ekonomi, geografi
IBD
·         Pengertian Ilmu Budaya Dasar adalah penciptaan, penertiban, dan pengolahan nilai-nilai insani ; tercakup didalamnya usaha memanusiakan diri didalam alam lingkungan, baik fisik maupun social.


Daftar Pustaka
IAD ISD IBD karya Drs. Mawardi-Ir.Nur Hidayati

45 komentar:

  1. Alhamdulillah semakin bertambah wawasan saya dengan membaca ini, terima kasih dan sukses selalu

    BalasHapus
  2. Trimakasih ya ilmu barunya semoga bermanfaat

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah makalah sangat mudah dipahami dan sangat menambah wawasan

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah makalah ini dapat menambah wawasan saya , makalah ini sangat berguna sekali untuk para pembacanya

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah saya dpt ilmu baru, mator sekelangkong sudah berbagi ilmu semoga tetap berkarya

    BalasHapus
  6. Nice, makalah bisa difahami. Semoga barokah

    BalasHapus
  7. Terima kasih telah membagikan ilmunya disini, insyaAllah sangat bermanfaat bagi semua yang membacanya

    BalasHapus
  8. mengenai iad ibd isd sudah dijelaskan dalam makalah ini, terimakasih ilmunya ya.

    BalasHapus
  9. Sangat bermanfaat bisa dipahami, makasih makalahnya

    BalasHapus
  10. Dengan adanya makalah ini kita bisa menambah ilmu baru atau referensi untuk belajar di rumah. semoga barokah......

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah,,Senangnya setelah membaca isi dari makalah ini saya semakin termotivasi untuk bisa membuat karya semenarik ini dan semakin menambah wawasan pengetahuan saya .Makalah ini sangatlah menarik dan bahasanya juga sangat mudah difahami serta makalah ini juga bisa dijadikan bahan untuk referensi. Terima kasih sudah memberikan ilmu barunya semoga ilmunya bisa bermanfaat dan kelak bisa menciptakan karya - karya menarik lainnya... :) :)

    BalasHapus
  12. terima kasi banyak ya min. artikel ini memang berguna sekali dan berfungsi bagi orang orang yang belum mengerti seperti saya , teruslah berkarya ya ^^ semoga anda sukses

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah dengan adanya makalah ini saya mendapat ilmu pengetahuan lebih jauh lagi

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah sangat bermanfaat dan dapat memperkaya wawasan dengan jelas dan mudah di pahami

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah ,sangat bisa untuk bisa dijadikan referensi. Mudah difahami.

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah ,sangat bisa untuk bisa dijadikan referensi. Mudah difahami.

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah, untuk makalah sudah sangat baik. Semoga bermanfaat untuk orang lain🙏

    BalasHapus
  18. alhamdulillah,, makalah ini sangat membantu dalam peluasan wawasan kami

    BalasHapus
  19. Barakallah, bisa menambah wawasan lagi semoga bermanfaat

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah Pemaparan makalahnya sudah jelas dan dapat dipahami, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  21. Kalimat yang efektif sangat membantu dalam memahami isi dari materi :)

    BalasHapus
  22. Sangat inpiratif dan inovatif makalah ini bisa digunakan sebagai objek pembelajaran dan menambah ilmu bagi para mahasiswa dan juga kata-kata yang digunakan dalam makalah ini sangat bagus dan menarik sekali sehingga menarik untuk dibaca

    BalasHapus
  23. Subhanallah... Dengan adanya makalah ini dapat bermanfaat bagi semuanya

    BalasHapus
  24. Mantap, makalah mudah dipahami, bahasa lugas, dan bisa menambah referensi baru

    BalasHapus
  25. Bagussss bangettt materinya mudah untuk di fahami terima kasih yaa pemakateri

    BalasHapus
  26. makalh ini menambh wawasan karen maklh ini menjelaskan mengenai hubungan iad isd dan ibd yg terkait satu sama laim

    BalasHapus
  27. Subhanallah semoga bermanfaat dan mengalir kepada orang lain, teruslah menulis hingga nanti terbentuk suatu buku yg murni dari karya kamu sendiri, dan menulis adalah kunci segala ilmu ☺️


    SPIRIT BROTHER ��

    BalasHapus
  28. Sangatt mudah dipahami..
    Juga artikel ini menambah wawasan saya terimakasih min:)

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Sangat bermanfaat dan dapat di jadikan refrensi

    BalasHapus
  31. Alhamdulillah Makalah nya sangat bagus dan mudah dipahami.semoga bermanfaat...

    BalasHapus
  32. Masyaallah mantap sekali makalahnya, penyusunan lumayan rapi

    BalasHapus
  33. Alhamdulillah, semoga bermanfaat bagi kita semua amin...

    BalasHapus
  34. Pembahasannya mudah dipahami. Ur article helped my duty! Thanks a million.

    BalasHapus
  35. wah sangatt bermanfaat, saya jadi tau, terima kasih

    BalasHapus
  36. terima kasi banyak. Makala ini memang berguna sekali dan berfungsi bagi orang orang yang belum mengerti seperti saya , teruslah berkarya ya ^ semoga anda sukses

    BalasHapus
  37. Alhamdulillah pengetahuan jadi semakin bertambah semoga bisa bermanfaat untuk orang lain

    BalasHapus
  38. Terimakasih, makalahnya sangat cocok untuk dijadikan referensi karna mudah dipahami

    BalasHapus
  39. Alhamdulillah dengan adanya makalah ini bisa menambah wawasan saya

    BalasHapus
  40. Alhamdulillah pemaparan makalahnya sangat bagus, juga lebih menambah wawasan yang luas untuk dijadikan referensi buat generasi selanjutnya
    Fighting......

    BalasHapus
  41. Barakallah, bisa menambah wawasan lagi semoga bermanfaat

    BalasHapus
  42. Bagus sekali pptnya kak, cocok untuk di buat referensi

    BalasHapus
  43. Bagus sekali pptnya kak, cocok untuk di buat referensi

    BalasHapus
  44. Terima kasih atas materi yg sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  45. Keren kak sangat bermanfaat

    BalasHapus